Selasa, 25 Oktober 2022

Inovasi Pembelajaran Menggunakan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar

 SRB Berbagi dan Berkolaborasi

Inovasi Pembelajaran Menggunakan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar


    Pada hari senin 24 Oktober 2022 4 (empat) Sahabat Rumah Belajar Provinsi Jambi melaksanakan diseminasi inovasi pembelajaran menggunakan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka mengajar yang dilaksanakan di SDN 094/VII Sarolangun III Kabupaten Sarolangun yang di ikuti oleh Kepala Sekolah beserta gugu-guru.

SRB berbagi dan berkolaborasi

    Dalam kegiatan tersebut kami mensosialisasikan penggunaan portal rumah belajar, platform merdeka mengajar di SDN 094/VII Sarolangun III. pada platform merdeka mengajar ada 4 poin penting yang disampaikan antara lain : 
1. Pemanfaatan fitur kegiatan belajar mengajar  yang terdiri asesmen murid dan perangkat ajar. pada fitur ini guru menggunakan asesmen murid pada tingkat fase A 1 - 2 sampai dengan fase D 3 - 6 untuk melakukan asesmen numerasi dan literasi yang dibagikan kepada siswa. kemudian pada perangkat ajar guru dapat menggunakannya dengan memilih modul dan bahan ajar, buku dan modul projek yang nanti digunakan sebagai bahan ajar guru mengajar di setiap fase. pada fitur ini guru sangat antusias menggunakan perangkat ajar terutama pada pemilihan modul dan bahan ajar dimana pada bagian ini guru dapat mengunduh beberapa bahan ajar/ RPP sesuai dengan fase/kelas yang akan digunakan.
2. Pemanfaatan Fitur Pengembangan Diri yang terdiri dari pelatihan mandiri dan komunitas.
pada pelatihan ini guru tertarik akan menyelesaikan pelatihan mandiri merdeka belajar, seri pelatihan dan webinar kemudian pada bagian topik dan aksi nyata. 
3. pemanfaatan Fitur dan berbagi Informasi yang tediri dari Video Inspirasi dan bukti karya
pada fitur ini guru-guru dapat mengeksplorasi dan mempelajari Video Inspirasi untuk menggunakan platform merdeka mengajar dan meningkatkan kompetensi diri melalui materi video yang terdapat pada fitur tersebut. pada bukti karya guru dan kepala sekolah sangat tertarik untuk menggunakannya terutama pada bagian menambahkan karya yang dapat digunakan untuk mengunggah karya kepemimpinan sekolah, praktik pembelajaran, praktik baik, RPP/Modul dan bahan ajar.
4. mambahkan kelas pada platform merdeka mengajar. pada menu penambahan kelas guru-guru mempraktikkan dengan menambahkan kelas dan peserta didik sesuai dengan kelas yang diampu pada setiap fase

    Setelah mengikuti dan memahami semua penjelasan dan langsung mempraktikkan penggunaan platform merdeka mengajar, guru - guru sangat antusias dan berkomitmen akan menjadikan platform tersebut sebagai pegangan guru dalam mengajar, meningkatkan kompetensi diri untuk berinovasi dan berkarya.

    Pada sesi berikutnya kami menjelaskan bagaimana memanfaatkan portal rumah belajar terkhusus pada penggunakan fitur sumber belajar. pada sumber belajar guru dapat langsung mengeksplorasi dengan memilih konten audio video dan konten web sesuai dengan jenjang fase kelas yang dipilih. kepala sekolah dan guru - guru bersemangat untuk mengembangkan media ajar melalui fitur utama sumber belajar tersebut. dengan kontribusi melalui inovasi dan karya guru - guru fitur sumber belajar akan terus berkembang dan terpenuhi pada setiap jenjang kelas, kompetensi dan mata pelajaran.

Kelengkapan Sosialisasi : Slide Materi Portal rumah belajar  |   Slide Materi Platform Merdeka Mengajar  |   Web Guru dan Sekolah  |  Platform Merdeka Mengajar  |  Daftar hadir Sosialisasi  | Vlog video Sosialisasi PRB dan PMM  |  Foto-Foto Kegiatan  | Materi Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar